REHABILITASI BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN ANAK DENGAN DISABILITAS

Ranti Novianti, Husen Ali Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji pentingnya rehabilitasi berbasis masyarakat untuk memenuhi kebutuhan anak dengan disabilitas di daerah pedesaan. Kenyataan di lapangan, masih banyak masyarakat menganggap anak disabilitas dan keluarganya merupakan suatu aib atau hal yang memalukan. Anak dengan disabilitas kerap dihadapkan pada stigma negatif dan diskriminasi dari berbagai pihak. Masyarakat bahkan keluarganya sendiri tidak memiliki pemahaman dan kemampuan yang cukup sehingga memandang dan memperlakukan anak dengan disabilitas tidak semestinya. Masyarakat adalah bagian penting dalam menangani permasalahan penyandang disabilitas selain keluarga dan pemerintah.


Keywords


Rehabilitasi Berbasis Masyarakat; Disabilitas

Full Text:

Untitled

References


Adi, I.R. (2008). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

Chamber, R. (1996). Participatory Rural Appraisal, Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius.

Ife. J danTesoriero. F. (2006). Community Development (Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

IMR. (2012, 10 Juli). Orang Dengan Kecacatan Harus Dijamin Hak Pilihnya. Sindo Radio [Online]. Tersedia: http://sindoradio.com/news/detail/1879/orang-dengan-kecacatan-harus-dijamin-hak-pilihnya. [12 Januari 2013].

Indriani, R. (2012, 10 Juli). 9 Provinsi Miliki Penyandang Cacat Terbanyak. BeritaSatu [Online]. Tersedia: http://www.beritasatu.com/news/59076-9-provinsi-miliki-penyandang-cacat-terbanyak.html. [12 Januari 2013].

Isbani, S RavikKarsidi, 1990. Rehabilitasi Anak Luar Biasa. Surakarta: UNS Press.

Nawir. (2009). Expose Data Penyandang Cacat Berdasarkan Klasifikasi ICF Tahun 2009. [Online]. Tersedia: http://www.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=1013. [12 Januari 2013]

Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: SalembaHumanika.

Slamet, K. 1998. Manual RBM tentang Prevensi Deteksi Dini dan Rehabilitasi Penyandang Cacat. Solo: YPAC

Widati, S. (1984). Rehabilitasi. Bandung: YPAC




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v3i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats