ASESMEN KEMAMPUAN KOGNITIF DASAR (KLASIFIKASI) YANG DILAKUKAN GURU BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB MADINA SERANG

Lilis Suwandari, Euis Nani Mulyati

Abstract


Penelitian ini mempunyai latar belakang tentang penting asesmen sebelum menyusun program pembelajaran oleh guru dimana instrumen yang ada tidak optimal digunakan di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif dasar tentang  klasifikasi; mengetahui pelaksanaan asesmen kemampuan kognitif dasar (klasifikasi); untuk mengetahui keberadaan instrumen asesmen kemampuan kognitif dasar (klasifikasi) dan untuk mengetahui bentuk pengembangan asesmen kemampuan kognitif dasar (klasifikasi) anak tunagrahita sedang kelas III  di SLB Madina Serang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan semiloka. Hasil penelitian adalah anak belum mampu mengenal warna, bentuk dan ukuran hanya sebagian kecil yang dapat menunjukkan, menyebutkan, membedakan dan mengelompokkan warna,bentuk dan ukuran, dalam menunjukkan warna kuning dan bentuk lingkaran pada umumnya  sudah mampu meskipun dalam pengucapannya kurang jelas dan dalam mengelompokkan warna, bentuk dan ukuran pada umumnya sudah mampu. 2) Berdasarkan hasil penelitian di atas penulis merekomendasikan agar guru melakukan asesmen kemampuan kognitif dasar (klasifikasi) sebelum kegiatan pembelajaran dan menjadikan program pengembangan asesmen kemampuan kognitif dasar (klasifikasi) sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar mengajar khususnya bagi anak tunagrahita sedang kelas III SDLB.

Keywords


Asesmen; kognitif dasar (klasifikasi); pengembangan; anak tunagrahita sedang

Full Text:

Untitled

References


Abdurahman. Mulyono., (1995), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta Depdiknas.

Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko, A. (2019). IMPLEMENTASI METODE DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DALAM IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI. INCLUSIVE: Journal of Special Education , 129-141.

Arikunto, Suhasimi (1999), Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Jakarta, Renika Cipta.

Astati, Mulyati,Lis (2010), Pendidikan Anak Tunagrahita, Bandung, CV. Catur Karya Mandiri.

Delphie Bandi, (2006), Pembelajaran Anak Tunagrahita (Suatu Pengantar Pendidikan Inklusi), :Bandung, PT. Refika Aditama.

Moleong Lexy J, (2006), Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya.

Somantri.T. Sutjihati ., (2006), Psikologi Anak Luar Biasa, PT.Rafika Aditama, Bandung.

Soendari,Tjutju, Mulyati Euis Nani, (2010), Asesmen Dalam Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus, Bandung, CV. Catur Karya Mandiri.

Undang-Uandang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Dasar 1945, Hasil Amandemen Keempat (2002), Jakarta, Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.30999/jse.v7i1.1417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats