PLAY THERAPI UNTUK ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN (ADD)

Authors

  • Prinanda Gustarina Ridwan Universitas Islam Nusantara
  • Eny Koestieni Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v3i2.141

Keywords:

Play therapy, Anak, gangguan pemusatan perhatian

Abstract

Attention Deficit Disorder (ADD) merupakan gangguan perkembangan pemusatan perhatian yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Perilaku anak ADD yang cenderung impulsive dan inatention  menyebabkan kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang lain sehingga mengakibatkan secara social anak tidak punya teman dan agresif. Untuk itulah diperlukan suatu penanganan yang tepat bagi anak ADD. Salah satunya dengan play therapy. Play therapy merupakan suatu bentuk terapi dimana seorang anak melakukan kegiatan bermain dalam situasi dan kondisi yang tertentu menggunakan media agar dapat menyalurkan perasaan takut, benci, kemarahan, kegelisahan dan perasaan emosional lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan gangguan pemuatan perhatian (ADD) yang bersekolah di SLB YLPAB Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan play therapy anak ADD rentang perhatian, focus dan ekspresi emosinya lebih terkontrol. 

References

Alimin, Zaenal. (2013). Terapi Bermain. Materi perkuliahan play therapy. Sekolah pasca sarjana. UPI. Bandung.

Axline. V.M. (1969). 3rd print. Play therapy. NY. Ballantine.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dobson, J. (2005). Anak Hiperaktif. Yogyakarta. ANDI offset.

Flanagen, R. (2005). ADHD Kids : Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Alih Bahasa : Pamungkas, B, Adiantari, T., Tri Wilujeng, T. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.

Rahardja, Djaja. (2006). Pengantar Pendidikan Luar Biasa (Introduction To Special Education). CRICED. University of Tsukuba.

SugiarminM. (2007). Anak dengan ADHD/ ADD. [Online]. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195405271987031-MOHAMAD_SUGIARMIN/SeMinar_ADHD.pdf. (diakses tanggal 1 Juni 2016).

Yustinus Joko Dwi Nugroho. (2011). Jurnal ADD. [Online]. Tersedia di http://setiabudi.ac.id/jurnalpsikologi/images/files/JURNAL%205%281%29.pdf . (diakses tanggal 1 Juni 2016).

Downloads

Published

2018-03-02

Issue

Section

Articles