PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERFIKIR DAN KOMUNIKASI ANAK PANTI ASUHAN MELALUI METODE MUHADHOROH

Authors

  • Angger Saloko Universitas Islam Nusantara
  • Ruslie M Thaisim Universitas Islam Nusantara
  • Miftah Masa

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v7i1.1325

Keywords:

Keterampilan Berfikir, Keterampilan Komunikasi, Panti Asuhan.

Abstract

Anak merupakan salah satu anugrah dari Tuhan, oleh karena itu anak wajib di didik oleh orang tua-nya, merawat dan membina serta membimbing dengan baik dan benar,sebagai wujud rasa tanggung jawab. Namun tidak sedikit anak yang kurang beruntung karena tumbuh dan besar tanpa didampingi orangtuanya, untuk menyambung hidup mereka hidup bersama dalam Panti Asuhan. Meski dengan segala keterbatasan yang ada, panti asuhan berusaha memberikan pola asuh terbaik bagi anak asuhnya termasuk dalam mengembangkan keterampilan berfikir dan komunikasi anak. Metode muhadhoroh dipilih panti asuhan insan kamil dalam melatih keterampilan itu dalam kegiatan penyampaian gagasan melalui metode muhadhoroh. Setiap anak asuh akan melalui proses berfikir mendalam untuk menyusun materi serta menentukan diksi yang tepat untuk disampaikan agar tidak terjadi diskomunikasi. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah kualitatif dengan metodenya studi kasus sehingga data yang dihasilkan bersifat analisis-deskriptif. Adapun locus penelitian yang dilakukan bertempat di Panti Asuhan Insan Kamil Mandiri beralamat di JL. Chihanjuang No 81B Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi Provinsi Jawa barat

References

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Palupi, D. R. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan prestasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan perkembangan .

Sari, D. Y., & Saloko, A. (2018). Pengembangan kedisiplinan anak melalui project based learning. Bandung: CV. Inti Mediatama.

Suparman, O., & Saloko, A. (2018). Konsep Belajar Kontextual Teaching and Learning Pendidikan Kearganegaraan menggunakan Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Laboratorium PPKn FKIP UNS : penguatan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan kewarganegaraan persekolahan dan kemasyarakatan : Surakarta, 7 Juli 2018 (p. 217). Surakarta: Laboratorium program studi PPKn FKIP Universitas Sebelas Maret.

Suparman, O., Jayadiputra, E., & Saloko, A. (2018). Berfikir kritis: model pembelajaran project citizen. Lampung: Elite Media Kreazi (Elmarkazi).

Syukir, A. (1983). Dasar-dasar strategi dakwah islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Triwamwoto, P. C. (2004). Kewarganegaraan. Jakarta: Grasindo.

Widyamartaya, A. (1990). Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.

Published

2021-10-29

Issue

Section

Articles