PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Authors

  • Emay Mastiani Universitas Islam Nusantara
  • Sofiah Eni Asmawati SLB Sukagalih Lembang
  • Eny Koestini SLB ABC YPLAB Lembang

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v7i1.1307

Keywords:

Keterampilan, Menanam Sayuran, Tunagrahita ringan

Abstract

Anak tunagrahita ringan adalah anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kecerdasan intelektual, akibat dari kondisi tersebut anak tunagrahita ringan kurang mampu memahami dalam pembelajaran akademiknya sehingga memerlukan pengembangan dalam pembelajaran lain yaitu melalui pembelajaran keterampilan salah satunya yaitu pembelajaran keterampilan menanam sayuran . Tujuan dari pembelajaran keterampilan menaanm sayuran yaitu untuk membuat anak menjadi mandiri dan memiliki kemampuan untuk bekal menjalani kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan menanam sayuran di SLB SUkagalih dan SLB-ABC YPLAB Lembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan dalam teknik analisis data penelitian ini dengan analisis deskriptif kualitatif, dan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berupa Program keterampilan yang disusun oleh guru sedangkan metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, dan untuk media yang digunakan berupa alat-alat alat dan bahan-bahan yang dapat mudah diperoleh. Evaluasi dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai jadwal pada setiap minggunya, kesulitan yang dihadapi adalah kemampuan anak tunagrahita ringan yang memiliki kemampuan berbeda satu sama lainnya. Upaya yang dilakukan adalah melakukan asesmen sebelum Menyusun program pembelajaran. Rekomendasi untuk Kepala Sekolah agar Sekolah menjalin Kerjasama dengan pihak penyedia pekerjaan serta melengkapi fasilitas untuk pembelajaran keterampilan.

References

Astati, (2001). Persiapan Pekerjaan PenyandangTunagrahita. Bandung. CV Pendawa

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

------------------------. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamil, Mustofa, (2010) Model Pendidikan dan Latihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung. Alphabeta

Madjid, Abdul, (2011), Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya

Moleong, L, J., (2011), Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Rosda Karya

Mukhtar, (2011). Desain Program Vokasional dan Bimbingan Karir untuk Siswa SMALB. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Purwanto, A.Ngalim. (2001). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Published

2021-10-29

Issue

Section

Articles