PERMAINAN KARTU GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PADA SISWA TUNARUNGU

Authors

  • Nurbani Nurbani

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v2i1.1189

Keywords:

Media Kartu Gambar, Operasi Hitung Penjumlahan, Anak Tunarungu

Abstract

Salah satu permasalahan mendasar yang dijumpai dalam pembelajaran matematika pada siswa tunarungu di tingkat dasar adalah dalam mengembangkan kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan. Berdasarkan observasi pendahuluan, salah seorang siswa tunarungu kelas D2 di SLB B-C Islam Assyafi’iyah Bekasi, masih belum dapat memecahkan soal-soal operasi hitung penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10 secara abstrak.untuk membantu agar siswa dapat mengembangkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dalam pembelajaran matematika, diperlukan media yang menunjang proses keberhasilan anak dalam belajar. Media tersebut harus memfokuskan aspek visual dibandingkan dengan aspek-aspek lainnya, karena dalam memahami pelajaran siswa tunarungu sangat mengandalkan aspek visualnya. Media pembelajaran yang digunakan hendaknya harus disesuaikan dengan perkembangan anak. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti ingin membuktikan apakah dengan penggunaan permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10. Untuk itu rumusan masalah yang akan diajukan adalah: “apakah kemampuan berhitung siswa siswa tunarungu kelas D2 setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media permainan kartu gambar menjadi lebih baik hasilnya dibandingkan sebelum diberikan perlakuan?”. Untuk menjaab pertanyaan yang diajukan, maka dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subjek Research). Adapun desain yang digunakan adalah A-B-A desain yaitu dengan mencari data pada kondisi baseline-1 (A-1), Intervensi (B), dan baseline-2 (A2). Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan persentase (%). Berdasarkan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa subjek penelitian setelah diberikan intervensi melalui permainan kartu gambar memperoleh skor prestasi yang lebih baik, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase pada kondisi baseline ke kondisi intervensi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung yang ditunjukkan dengan persentase mean level setiap kondisi yaitu pada kondisi baseline-1 (A-1) sebesar 7%, kondisi intervensi (B) sebesar 70%, dan kondisi baseline-2 (A-2) sebesar 83%.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Siatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Herman, dkk. (2007). Pendidikan Matematika I. Bandung: UPI Press.

Hodijah, O. (2008). Media Grafis Sketsa Dalam Meningkatkan Pemahaman Isi Bacaan. Skripsi. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.

Jubaedah. (2008). Aplikasi Permainan Scrabble Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Tunarungu Kelas D4 SLB B, C, D YPKR Cicalengka. Skripsi. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.

Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V. (1983/1984). Buku IA Filsafat Ilmu. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Masykur & Fathani. (2007). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Natawijaya, R & Alimin, Z. (1996). Penelitian Bagi Guru Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi PPTG.

Silfia, R. (2008). Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Berkesulitan Belajar. Skripsi. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.

Somad, P & Hernawati, T. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud.

Sunanto, dkk. (2006). Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Susilanan, R & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi FIP UPI.

Suparno. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sunarsih. (2008). Penggunaan Media Kartu Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Pada ATG Ringan. Skripsi. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles