ASESMEN ASPEK EMOSI UNTUK MENGETAHUI HAMBATAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRA SEKOLAH

Authors

  • Panji Rama Donna

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v2i1.1187

Keywords:

Asesmen, Perkembangan, Emosi Anak

Abstract

Terganggunya/terhambatnya aspek perkembangan emosi akan mempengaruhi perkembangan pada aspek lainnya juga seperti aspek perkembangan sosial, kognitif, dan bahasa. Mengingat begitu pentingnya mengetahui hambatan perkembangan emosi anak prasekolah secara dini maka perlu sebuah instrumen asesmen untuk mengetahui hambatan perkembangan emosi anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan membuat instrumen asesmen aspek emosi untuk mengetahui hambatan perkembangan emosi anak prasekolah. Dengan mixed methods research design, penelitian ini berusaha mengembangkan Instrumen asesmen aspek emosi untuk mengetahui hambatan perkembangan emosi anak prasekolah berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Elizabeth B. Hurlock. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen asesmen aspek emosi ini sudah valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengetahui hambatan perkembangan emosi anak prasekolah.

References

Airasian, Peter W. (1991). Classroom Assessment. New York: Mcgraw-Hill,Inc.

Anonim (2010). Metode Studi Delphi.[Online]. Tersedia: http//www.Delphistudy.org/about.html. [14 maret 2011]

Anonim (2010). Pengolompokan emosi.[Online]. Tersedia: http//www.epsikologi.com. [20 maret 2011]

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Benner, Susan. (2003). Assessment of Young Children with Special Needs, A Content-Based Approach. Canada: Delmar Learning.

Berk, Laura. (2003). Child Development, 6th edition. USA: Pearson Education.

Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment, Principles and Classroom Practices. San Francisco: Longman.

Craw and Craw. (1958). Pengertian Emosi. [Online]: Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Emosi. [12 maret 2010]

Creswell, J.W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Creswell, J.W. (2008). Educational Research: Planning, Constructing, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Upper Saddle River: Pearson.

Departeman Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV Penerbit J-Art, 2004

Depdiknas (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka

Freedman, D.M. (1989). Ethnography: Step by step. Newbury Park, CA: Sage.

Helms, D. B & Turner, J.S., 1983, Exploring Child Behavior, New York : Holt

Rinehartand Winston.

Herlina. (2007). Deteksi Dini Dalam Perkembangan. UPI: Jurusan Psikologi. (Bahan Ajar).

Hurlock, Elizabeth, B., 1978, Child Development, Sixth Edition, New York : Mc.

Graw Hill, Inc.

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Developmental Psychology, A Life-Span Approach, 5th edition (terjemahan oleh: Istiwidayanti & Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. (2005). Child Development, 6th edition (terjemahan oleh: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Kartono, Kartini, 1986, Psikologi Anak, Bandung : Alumni.

Kridalaksana, Harmurti (1996). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta; PT Gramedia Pusataka utama.

Loughlin, James Mc. (1981). Assessing Special Students. USA: Bell & Howell Company.

Lubis A Hamid Hasan (1996). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama.

McLoughlin,James,A. & Lewis, Rena,B (1986)Assessing Special Students (2nd) USA: Merril Publishing Company

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Jogjakarta: BPFE-Yogyakarta

Patmono Dewo, Soemiarti. 1995. Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990, Tentang Pendidikan Prasekolah

Popham, W. James. (1995). Classroom Assessment, What Teacher need to Know. Boston: Allyan and Bacon.

Roopnaire, J. L & Johnson, J.E, 1993, Approaches to Early Childhood, Education,

nd Edition, New York : Merril.

Santrock, John W. (2007). Child Development, 11th edition (terjemahan oleh: Mila Rachmawati & Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga

Shaffer, D, R., 1989, Developmental Psychology, Childhood and Adolescence, Second Edition, Pacific Grove California : Brooks/Cole Publishing Company.

Solehuddin, M, 1997, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, Bandung : FIP UPI.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sunaryo & Sunardi. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: DIRJEN.DIKTI. Tidak Diterbitkan.

Wortham, Sue Clark. 2005. Assessment in Early Childhood Education, 4th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Uyanto, S. Stanislaus. (2009). Pedoan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yusuf, Syamsu, L.N., 2000, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung :

Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles