PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I

Authors

  • Emay Mastiani

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v2i1.1186

Keywords:

Instrumen Asesmen, Motorik Kasar, Anak Tunagrahita Ringan

Abstract

Kegiatan asesmen kemampuan motorik kasar perlu dilakukan oleh guru sebelum membuat program pembelajaranbagi anak tunagrahita, hal tersebut dilakukan agar program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk instrumen asesmen keterampilan motorik kasar bagi anak tunagrahita ringan kelas I. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan semiloka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak tunagrahita ringan kelas I mampu melakukan gerakan kasar sesuai dengan tugas yang diberikan guru, akan tetapi instrumen asesmen yang ada di sekolah tersebut belum memadai sehingga peneliti bersama kepala sekolah serta guru mengembangkan instrumen asesmen mengenai kemampuan motorik kasar dan divalidasikan kepada guru kelas I di dua sekolah yang berbeda. Direkomendasikan kepada para pelaksana pendidikan untuk menyusun instrumen asesmen berdasarkan tugas perkembangan anak.

References

Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Astati. (2001). Persiapan Pekerjaan Penyandang Tunagrahita. Bandung : CV. PENDAWA

Badruzaman., Saputra, Yudha M. (2010). Perkembangan Pembelajaran Motorik. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Budiono. (2005). Kamus lengkap bahasa Indonesia. PT Karya Agung

Mahendra, Agus. (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung : FPOK UPI.

Setiawan, Iwan. (2003). Teori Belajar Motorik. Bandung : FPOK UPI.

Soendari, Tjutju dan Euis Nani M. (2010). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : CV. Catur Karya Mandiri.

Sudjana, Nana. (1989). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru

Surakhmad, Winarno. (2004). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito

Undang-Undang Dasar 1945.

Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

Uno, Hamzah B., Koni, Satria. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles