PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN KINESTETIK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB YPDP KOTA BANDUNG

Authors

  • Euis Nani Mulyati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v2i1.1185

Keywords:

Instrumen Asesmen, Kinestetik, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita memiliki kecerdasan intelektual di bawah rata-rata secara signifikan yang berdampak pada kurangnya kemampuan dalam berfikir abstrak, sehingga anak mengalami kesulitan dalam belajar akademik. Dengan kondisi seperti ini, pendidik terutama guru harus mengupayakan optimali potensi dalam aspek kecerdasan yang lain sebagai konpensasi yang akan membantu anak tunagrahita mengatasi permasalahannya terutama dalam belajar, salah satunya adalah pengembangan aspek kinestetik. Dalam upaya pengembangan potensi yang dimiliki anak khususnya kemampuan kinestetik, guru membutuhkan data/informasi tentang kebutuhan dan masalah yang dihadapi anak, yang akan menjadi dasar dalam merancang program pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan melalui asesmen. Melalui penelitian ini, diharapkan peneliti dapat berkolaborasi dengan guru untuk mengembangkan instrumen asesmen kemampuan kinestetik bagi anak tunagrahita ringan. Pemilihan materi dilandasi hasil temuan awal bahwa instrumen asesmen di SLB YPDP Bandung belum tersusun secara terperinci dan para guru belum melaksanakan asesmen secara terprogram. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, semiloka, dan hasilnya diolah dan dianalisis secara induktif. Kerjasama kolaboratif yang dilakukan guru dan peneliti menghasilkan instrumen asesmen kemampuan kinestetik bagi anak tunagrahita ringan sebagai penyempurnaan dari instrument yang telah ada di lembaga tersebut. Mengacu pada kesimpulan, peneliti merekomendasikan kepada guru dan kepala sekolah untuk mengimplementasikan instrumen asesmen yang telah dikembangkan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles