PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI MEDIA KOMPUTER BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII DI SLB YPDP BANDUNG

Authors

  • Lilis Suwandari Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i1.1166

Keywords:

Berhitung, Media Komputer, Anak Tunagrahita

Abstract


Keterbatasan intelektual umum pada anak tunagrahita berdampak pada kemampuan akademik, salah satunya dalam berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dalam pembelajaran berhitung pada anak tunagrahita ringan kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan semiloka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita mampu berhitung, namun mengalami kesulitan dalam penjumlahan berhitung bersusun ke bawah dengan teknik dua kali menyimpan, karena itu penulis berkolaborasi dengan guru menyusun program yang sesuai dengan kemampuan anak. Aspek yang dikembangkan adalah materi, waktu, alat peraga, evaluasi. Hasil validasi menyatakan adanya masukan positif dari validator untuk menambah media yang dapat menunjang pembelajaran. Hasil penelitian tersebut penulis merekomendasikan kepada pihak sekolah agar mengupayakan kelengkapan alat dan media untuk mempermudah proses belajar mengajar.

References

Anggota IKAPI. (2008). Undang Undang Guru dan Dosen. Bandung. Fokus Media.

Astati. (2001), Pendidikan Luar Biasa di Sekolah Umum. Bandung. CV. Pendawa.

Djadja Rahardja, (2006), Pengantar Pendidikan Luar Biasa (Introduction to Special Education), Tsukuba: University of Tsukuba

Euis Nani M . (2010). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung. CV Catur Karya Mandiri

Lexy J. Moleong, (2004), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. PT Remaja Rosdakary

Suparman, O., & Saloko, A. (2018). KONSEP BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT CITIZEN. Prosiding Seminar Nasional Laboratorium PPKn FKIP UNS : penguatan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan kewarganegaraan persekolahan dan kemasyarakatan : Surakarta, 7 Juli 2018 (p. 217). Surakarta: Laboratorium program studi PPKn FKIP Universitas Sebelas Maret.

Tjutju Soendari dan Euis Nani M (2010), Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung. CV Catur Karya Mandiri.

T. Sutjihati Somantri (2006), Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung. Refika Aditama

Zainal Aqib (2009). Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung. Yrama Widya

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles