INOVASI MENGHAFAL AL-QURAN 30 JUZ DALAM WAKTU SATU BULAN DI MESJID AS-SALAM PT. SALAMDAN SALAM DESA MANDALAWANGI KECAMATAN SALOPA KABUPATEN TASIKLAMAYA

Nelis Laksana Sari, Irkhas M. Nur Alqomary

Abstract


Al Quran adalah bacaan, dalam arti hafalan, karena pada zaman rosululloh Saw Al-Quran belum di bukukan yang disebut mashaf, itu terjadi pada masa Utsman bin Affan ra menjadi khalifah. Oleh karena para huffadz banyak yang gugur syahid di medan pertempuran, Kholifah merasa khawatir akan hilangnya Al quran, maka dibukukanlah Alquran itu dengan sebutan Mashaf Utsmani. Akan tetapi, Al Quranul karim dijaga oleh Alloh SWT keasliannya dari kerusakan dan perubahan, lewat para huffadz, sebab bentuk mashaf atau file dalam memori digital sangat rentan untuk hancur dan bahkan dirubah. Oleh karenanya saat ini kesadaran umat islam mulai bangkit lagi untuk kembali menjaga keaslian dan keutuhan Al Quran lewat orang yang mencintai Al Quran untuk dihafal, sehingga terlahir para Hafidz dan Hafidzoh. Penelitian ini bertujuan mengetahui inovasi berupa konsep, metode, dan kelemahan yang dilaksanakan dalam proses menghafal cepat Al-Qur’an di Mesjid As-Salam PT. Salamadan Salam, Desa Mandalawangi Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya sehingga dapat mengafal cepat Al-Qur’an 30 juz dalam kurun waktu satu bulan. Hasil yang dicapai dapat meningkatkan prestasi sehingga mayoritas dapat memenuhi target kriteria ketuntasan minimal. Kelemahan dan masalah yang muncul kurang partisipasi aktif dari berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan inovasi tersebut. Disarankan untuk dikembangkan inovasi baru baik melalui penelitian lanjutan maupun perbudayaan.


Keywords


Inovasi Menghafal; Al Quran

Full Text:

Untitled

References


Ahmad, Asep Fathurrohman dan Daryamna, Aan, Metode Penelitian Pendidikan Agama Islam. (Bandung: Kencana Utama, 2014)

Ariffin at.al, “Effective Technique of Memorizing of the Qur’an, A Study at Madrasah Tahfidz in Trengganu, Malaysia”, dalam Middle-East Journal of Scientific Research, 13 (1), 2013.

Noeng Muhadjir. 1996. Metode Penelitian Kualtitatif. Yogyakarta: Rakesarasin

Penelitian Dr.H.Suwito 2016. Dosen PAI Pasca Sarjana IAIN Purwokerto

Setiyo Purwanto, “Hubungan Daya Ingat Jangka Pendek dan Kecerdasan Dengan Kecepatan Belajar Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Kapyak Yogyakarta”, dalam Shuhuf, 19 (1), 2007, h. 70-83

Tesis Komarudin 2012 Dosen Fkip Uninus Bandung, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan

Wawancara dengan Jaelani. Dia adalah seorang muhafidz di Ma’had tahfidzu Qur’an dicondong. Wawancara dilakukan pada tanggal 3 februari 2018 di Desa. Mandalawangi kec. Salopa. Kab. Tasikmalaya.

http://www.pesantrentahfidzmataqu.com/id/artikel/139-keutamaan-membaca-dan-menghafal-al-qur%E2%80%99an.html (05 Januari 2016, Diperbarui: 19 Januari 2016)




DOI: https://doi.org/10.30999/jse.v6i1.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats