PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB MADINA SERANG

Authors

  • Euis Nani Mulyati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i1.1163

Keywords:

Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Anak Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SLB Madina Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan anak tunagrahita ringan, Objek penelitian ini dalah pelaksanaan pendidikan karakter penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisi model yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan cross check. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial di SLB Madina Serang dilakukan melalui (1) pengembangan diri berupa kegiatan rutin dengan infaq rutin setiap Senin dan Kamis, guru memberikan keteladanan berupa contoh langsung dengan ikut melaksanakan infaq dan memberi contoh membantu siswa yang mengalami kesulitan, guru juga melaksanakan kegitan spontan dengan menegur dan memberi nasihat kepada siswa yang acuh dan tidak peduli dengan teman, serta melalui pengkondisian dengan memasang tata tertib, kode etik siswa yang berkaitan dengan peduli sosial, guru juga mengkondisikan kelas dengan kerja kelompok sehingga siswa bekerjsama dan membantu siswa lain; (2) pengintegrasian dalam mata pelajaran dilakukan guru dengan cara mengaitkan karakter peduli sosial dalam materi pelajaran PPKn, IPS, dan Bahasa Indonesia: dan (3) pengembangan budaya sekolah dilaksanakan dengan kegiatan-kegiatan sekolah yang sesuai dengan indikator nilai karakter peduli sosial.

References

A.,Doni Koesoema.2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta; Grasindo.

Asmani,Jamal Ma’mur. 2013. Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.Campbell,

Efendi,Mohammad.2006. Pengantar Psikopaedagogik Anak Berkelainan.Jakarta: PT. Bumi Aksara.Gunawan,

Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. Diunduh dari http://repository.unand.ac.idpada tanggal 14 Oktober 2015 pukul 15.00 WIB.

Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan; Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. https://tunas63.wordpress.com. Diakses pada tanggal 23 Maret 2016

Kesuma, Dharma dkk.2012. Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid,Abdul & Dian Andayani.2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Rahmat. 2011. Mengaktualisasi Pendidikan Karakter, Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E.. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta, Bumi Aksara.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiyani,NovanArdi. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.http://kbbi.web.id. diakses pada 14 Oktober 2015 pukul 15.00 WIB.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles