PERANAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN IKLIM BUDAYA SEKOLAH (IMIBS) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara
  • Kingking Mutaqien Universitas Islam Nusantara
  • Ocih Setiasij Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i1.1162

Keywords:

Manajemen, Iklim Budaya Sekolah, Karakter.

Abstract

Pengembangan karakter di SLB harus diutamakan dan dilaksanakan pada setiap waktu di sekolah. Pengembangan karakter untuk ABK dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, namun waktunya sangat terbatas. Oleh karena itu, maka guru sebaiknya bekerja sama dengan orang tua ABK untuk memberikan bimbingan dalam mengembangkan karakter ABK di rumah. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peranan implementasi manajemen iklim budaya sekolah (IMIBS) dalam mengembangkan karakter Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif, pendekatannya kualitatif, alat pengumpul datanya pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket, tempat penelitiannya di SLB Wartawan Kota Bandung. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB Wartawan telah (1) melakukan IMIBS untuk mengembangkan karakter, terbukti hampir setiap kelasnya kondusif untuk mengembangkan karakter ABK; (2) mengintegrasikan nilai karakter pada pembelajaran terbukti guru telah memadukan nilai karakter dengan materi yang akan diajarkan; (3) memanfaatkan IMIBS dalam melaksanakan bimbingan melalui pembelajaran, terbukti layanan bimbingan dijadikan sebagai salah satu komponen yang sangat penting dan IMIBS sebagai faktor pendukung dalam melaksanakan bimbingan pada waktu melaksanakan pembelajaran.

References

Dapa, A. (2005). Sekolah Yang Mana Yang Cocok Untuk Anakku? Artikel FIP UNIMA

Gunarto. (2004). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Raja Grafindo.

Joseph, AK. (2001). Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik. Jakarta. PT

Gunung Agung.

Karwati, Euis & Effendi, Gatot Yusuf (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Budaya Sekolah. (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 1

Karwati, Euis & Mulya, Djem Bangun. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Sosial Budaya Sekolah (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 2.

Megawangi. (2003). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta. Pustaka

Mulyasa, Enco. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulya, Djem Bangun & Jayadiputra, Eka (2012).Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 1.

Mulya, Djem Bangun & Hidayat, Ayi Najmul. (2013). Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 2.

Mulya, Djem Bangun & Karwati, Euis. (2014). Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 3.

Muttaqien, Kingking & Effendi, GatotYusuf. (2017). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 1

Muttaqien, Kingking & Effendi, Gatot Yusuf & Setiasih, Ocih. (2018). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 2.

Muttaqien, Kingking & Effendi, Gatot Yusuf & Setiasih, Ocih. (2019). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 3.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles