PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PENSIL GRIP TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG

Authors

  • Indiah W Sulistyorini Universitas Islam Nusantara
  • Ongen Criatian Joel

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i1.1161

Keywords:

Anak Tunagrahita Sedang, Media Pensil Grip, Menulis Permulaan.

Abstract

Peserta Didik Tunagrahita sedang subjek peneliti memiliki hambatan pada kemampuan motorik halus yang berpengaruh pada kemampuan menulis permulaannya. Salah satu media yang dapat digunakan melatih dan meningkatkan kemampuan menulis permulaan media pensil grip. Peneliti gunakan metode eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A – B – A. Teknik pengumpulan data penelitian dengan instrument soal yang telah divalidasi dan telah dilakukan uji reliabilitas, nilai dan skor terkumpul dijumlahkan untuk diambil sebagai nilai rata-rata. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan pada subjek 1 JVN kondisi baseline 1 (A1) level stablitias stabil dan rentang 42,22%-46,67, pada kondisi intervensi (B) level stabilitas stabil dan rentang 61,11%-66,67%, pada kondisi baseline 2 (A2) level stabilitas stabil dan rentang 61,11%-67,77. Sementara pada subjek 2 LZD kondisi baseline 1 (A1) level stabilitas stabil dan rentang 46,67%-51,11%, pada kondisi intervensi (B) level stabilitas stabil dan rentang 66,67%-75,55%, pada kondisi baseline 2 (A2) level stabilitas stabil dan rentang 71,11%-77,78%. Peningkatan mean level dari baseline 1 (A1) hingga baseline 2 (A2) pada subjek 1 JVN sebesar 22,44% sedangkan pada subjek 2 LZD peningkatan mean level sebesar 27,11%.

References

Abdurrahman, M. (2020). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Bandung: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Bandung: Rineka Cipta

Astati. (2011). Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.

Badudu, Y., dan Zain, Mohammad. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusaka Sinar Harapan.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Indi Bernati, Rhapsona. 2020. Membaca Menulis Permulaan. [Tersedia online] http://inbe-oliv.blogspot.com/2020/01/membaca-menulis-permulaan.html. Diakses pada tanggal 17 Februari 2018.

Mahendra, A. (1998). Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: IKIP Bandung Press

Sadiman, A. (1990). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sunanto, J. et al. (2006).. Penelitian dengan Subjek Tunggal Bandung: UPI Press.

Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Nuha Medika.

Slameto. (2003). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemantri, T. Sutjuhati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Dinata.

Soendari, Tjutju & Mulyati, Euis, Nani. (2010). Pembelajaran Individual Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Catur Karya Mandiri.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Syaodih-Sukmadinata, N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles