METODE SIMAK ULANG UCAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSEPSI AUDITORI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SLB BCD YPKR CICALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1123Keywords:
metode pembelajaran simak ulang ucap, kemampuan persepsi auditori, anak tunagrahita sedangAbstract
Berdasarkan pada pembuktian kemampuan persepsi auditori peserta didik yang masih kurang, melatar belakangi penelitian ini. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan persepsi auditori peserta didik adalah metode simak ulang ucap. Tujuan dari penelitian mengetahui: Apakah ada pengaruh penggunaan metode simak ulang ucap terhadap kemampuan persepsi auditori pada anak Tunagrahita sedang? Metode yang digunakan adalah Metode Single Subject Research (SSR), dengan desain penelitian pretest-intervensi-posttest (A-B-A). Subjek penelitian adalah dua peserta didik kelas III, sampelnya peserta didik kelas III SDLB sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan metode simak ulang ucap. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan persepsi auditori. Hasil penelitian berupa data kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan persepsi auditori diperoleh kesimpulan bahwa: kemampuan persepsi auditori dengan menggunakan metode simak ulang ucap berpengaruh pada peserta didik kelas III.References
Astati dan Mulyati, Lis. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV. Amanah Offset.
Euis, Nani M. (2011). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV. Amanah Offset.
Milman, Yusdi (2010). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Muhubbin, Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Mukhtar dan Anilawati. (2006). Menyimak. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Slamet. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT. Penerbitan dan Percetakan UNS Press).
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Soemantri, T. Sutjuhati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Dinata.
Solso, Robert L. Dkk. (2009). Psikologi Kognitif: edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Stephen P. Robbins dan Timonthy A. Judge. (2009) Prilaku Organisasi. terj. Diana Angelica. Dkk. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjana, Nana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bandung: Fokus Media
Walgito, Bimo. (1997). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.