PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAYASAN PRIMA DHARMA PERSADA BANDUNG

Authors

  • Astati Astati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1121

Keywords:

Program Pembelajaran Individual, Anak Tunagrahita Ringan

Abstract

Anak tunagrahita adalahanak-anak yang memiliki fungsi intelektual yang secara siginifikan berada di bawah anak-anak pada umumnya dan terjadi pada masa perkembangan yang disertai dengan ketidakmampuan dalam melakukan tingkah laku penyesuaian. Keterbatasan fungsi intelektual itu minimal dua standard deviasi di bawah skor IQ anak normal (100) menurut hasil tes inteligensi baku. Akibatnya anak tunagrahita mengalami perbedaan individual antara satu dengan lain dan dalam diri anak itu sendiri. Karena kondisi tersebutlah maka untuk membelajarkan mereka membutuhkan program yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap individu tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan guru dalam menyusun program pembelajaran individual, hambatan-hambatan yang dialami guru ketika menyusun program, dan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan sehubungan dengan penyusunan proram pembelajaran individual. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualittif dan teknik penelitian adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru menyusun program dengan berdasarkan hasil asesmen sederhana (melalui observasi) dan kuangnya kesempatan dalam penyusunannya bekerja sama dengan tim ahli, kepala sekolah dan pemegang kebijakan. Kesulitan yang dihadapi guru adalah sangat beragamnya kemampuan anak dan usaha yang dilakukan adalah guru menyusun program untuk setiap anak untuk tiap bidang pembelajaran yang dikemas dalam dokumen Program Pembelajaran Individual.

References

Amin, Moh. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Dirjen DIKTI

Arikunto, Suharsimi .2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mercer & Mercer. 1980. Teaching with Learning Problems. USA: Merrill Publishing Company

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja

Natawidjaja, R & Zaenal Alimin. 1996. Penelitian bagi Guru Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen DIKTI

Payne dkk, 1981. Strategies for Teaching the Mentally Retarded. USA: Merrill Publishing Company

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles