DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA UNINUS BANDUNG

Prinanda Gustarina Ridwan

Abstract


Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia dan menyebabkan sampai kematian. Berdasarkan hal tersebut pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar dan berdampak pada proses pembelajaran di sekolah. Kemdikbud menerapkan pembelajaran jarak jauh yang diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan belajar mahasiswa. Studi pedahuluan dilaksanakan pada program studi pendidikan luar biasa uninus melihat peraturan yang dbuat oleh Kemdikbud mengenai pembeljaran jarak jauh bagi perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek terdiri dari 3 dosen dan 5 mahasiswa pendidikan luar biasa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi kepada mahasiswa selama proses pembelajaran jarak jauh dan wawancara terhadap dosen dan mahasiswa seputar pembelaaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran jarak jauh memberikan dampak baik dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa selama pandemi covid-19. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh, memungkinkan mahasiswa dan dosen tetap melakukan proses pembelajaran secara komprehensif.

Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh; Program Studi Pendidikan Luar Biasa; Uninus

Full Text:

Untitled

References


Elseria, Riska. (Mei 2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan Indonesia. tersedia di https://www.kompasiana.com/riskasijabat/5eb7c990d541df68b421f302/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan-indonesia

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. 1–206. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004.

Rahmah, Nabila (September 2020). Dampak Pandemik Terhadap Dunia Pendidikan. tersedia di https://www.bantennews.co.id/dampak-pandemik-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan-di-indonesia/

Rizqon. (mei 2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Tersedia di http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314

Sriwihajriyah, N. ;, Ruskan, E. L. ;, & Ibrahim, A. (2012). Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(1), 450–449.

Suginono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. In Pythagoras (Vol. 2, Issue 1, 10–23). http://staff.uny.ac.id/ sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf.

Wicaksono, S. R. (2012). Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(1), 51. https://doi.org/10.11591/edulearn.




DOI: https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats