PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI MAKAN MAKANAN PANAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB AMALIA BHAKTI, SLB YPBD BUAHDUA DAN SLB MIROOJUTTAQWA
DOI:
https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1118Keywords:
Program Pengembangan Diri, Makan Makanan Panas, Anak TunagrahitaAbstract
Anak tunagrahita belum mampu secara mandiri dalam makan makanan panas sehingga memerlukan program pengembangan diri makan makanan panas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran bagaimana pelaksanaan program pengembangan diri makan makanan panas untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menanamkan kemandirian dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai individu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara di tiga sekolah yaitu SLB Amalia Bhakti, SLB YPBD Buahdua dan SLB Mirrojuttaqwa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat pelaksanaan program pengembangan diri makan makanan panas guru menyusun tujuan, materi, metode, media dan alokasi waktu berdasarkan hasil assesmen. Kegiatan diawali dengan kegiatan awal, inti dan akhir. Kesulitan yang ditemukan berupa ketidakmampuan anak tunagrahita dalam menyebutkan jenis-jenis, ciri-ciri dan cara mendinginkan makanan panas. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memperbanyak latihan dirumah dengan melibatkan orang tua agar proses pembelajaran dapat tercapai.
References
Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita & Starategi Pembelajarannya. Jogjakarta : Javalitera
Astati & Mulyati, Lis. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung : CV. Amanah Offset
Basuni, M. (2012). “Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan” Dalam : Jurnal Pendidikan Khusus Volume IX No. 1 (hlm. 12-13)
Desiningrum, Dinie. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta : Psikosain
Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif & Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Munzayanah. (2000). Pedidikan Anak Tunagrahita. Surakarta : PLB-FKIP UNS
Sudrajat & Rosida. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT. Luxima Metro Media
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta
Wijayanti, Riana. (2016). Pelaksanaan Bina Diri Makan Panas Bagi Anak Tunagrahita Kategori Ringan Kelas IV SLB Tunas Bakti. Yogyakarta : PLB-UNY