PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI MAKAN MAKANAN PANAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB AMALIA BHAKTI, SLB YPBD BUAHDUA DAN SLB MIROOJUTTAQWA

Authors

  • Teti Ratnawulan Universitas Islam Nusantara
  • Zulfa Rahma Effendi Universitas Islam Nusantara
  • Poppy Dwi Lestari Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1118

Keywords:

Program Pengembangan Diri, Makan Makanan Panas, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita belum mampu secara mandiri dalam makan makanan panas sehingga memerlukan program pengembangan diri makan makanan panas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran bagaimana pelaksanaan program pengembangan diri makan makanan panas untuk  menumbuhkan rasa percaya diri dan menanamkan kemandirian dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai individu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara di tiga sekolah yaitu SLB Amalia Bhakti, SLB YPBD Buahdua dan SLB Mirrojuttaqwa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat pelaksanaan program pengembangan diri makan makanan panas guru menyusun tujuan, materi, metode, media dan alokasi waktu berdasarkan hasil assesmen. Kegiatan diawali dengan kegiatan awal, inti dan akhir. Kesulitan yang ditemukan berupa ketidakmampuan anak tunagrahita dalam menyebutkan jenis-jenis, ciri-ciri dan cara mendinginkan makanan panas. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memperbanyak latihan dirumah dengan melibatkan orang tua agar proses pembelajaran dapat tercapai.

References

Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita & Starategi Pembelajarannya. Jogjakarta : Javalitera

Astati & Mulyati, Lis. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung : CV. Amanah Offset

Basuni, M. (2012). “Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan” Dalam : Jurnal Pendidikan Khusus Volume IX No. 1 (hlm. 12-13)

Desiningrum, Dinie. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta : Psikosain

Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif & Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Munzayanah. (2000). Pedidikan Anak Tunagrahita. Surakarta : PLB-FKIP UNS

Sudrajat & Rosida. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT. Luxima Metro Media

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta

Wijayanti, Riana. (2016). Pelaksanaan Bina Diri Makan Panas Bagi Anak Tunagrahita Kategori Ringan Kelas IV SLB Tunas Bakti. Yogyakarta : PLB-UNY

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles