MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Authors

  • Ahmad Mugni Almarogi Universitas Islam Nusantara
  • Rofvini Rofvini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v6i2.1117

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran” (Studi kasus di SLB Hanjuang Jaya Kabupaten Bandung Barat dan SLB Ar Rahman Kota Bandung). Berdasarkan latar belakang penelitian bahwa di lapangan masih banyak sekolah-sekolah yang belum menerapkan manajemen yang baik terkait dengan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan dalam mengelola sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Luar Biasa. Berdasarkan prinsip manajemen sarana dan prasarana, terdapat alur yaitu: perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. Konsep tersebut harus dilaksanakan demi tercapainya manajemen sarana dan prasarana yang baik yang akan berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Data diperoleh dari guru yang diberikan tugas tambahan sebagai pengelola sarana dan prasarana sebagai subjek utama sedangkan kepala sekolah sebagai subjek pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Luar Biasa belum melaksanakan manajemen sarana dan prasarana dengan baik sesuai dengan teori yang berlaku.

References

Adam J. Moleong, Steven. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Sentralisasi menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. (2004). Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumhur dan Surya, Moh. (1975). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: CV. Ilmu.

Firdaus, Ikbal (2014). Standar Pelayanan Minimum Pendidikan. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Skripsi tidak diterbitkan.

Hadi, Sutrisno. (1991). Analisa Butik untuk Instrument. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Kementerian Agama RI (2007). Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahannya Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Shohih. Bandung: SYGMA.

Listianawati, Tari. (2016). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Proses Pembelajaran di SMA Swasta Se-Kecamatan Sukasari Kota Bandung. (Skripsi) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Skripsi tidak diterbitkan.

Mamusung, Y. (1991). Penataan Lahan-Bangunan-Perabot-Perlengkapan Sekolah. Bandung: CV Mitrarama.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Cetakan kesembilan. Bandung Rosda.

Nasution. (2003). Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nirmala, Widia Indah. (2015). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran di SMPN Se-Kecamatan Sukasari Kota Bandung. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Skripsi tidak diterbitkan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sanafiah Faisal. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: YA3.

Sanusi, A. (2007). Sistem Nilai. Bandung: Hidayah Pustaka.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2003). Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Udin Syaefudin dan Abin Syamsudin Makmun. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umaedi. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M). Jakarta: CEQM.

Umar, Husein. (2001). Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yamin. Martinis. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles