PERSAINGAN BISNIS ROKOK, PENDEKATAN SIKAP KONSUMEN: KASUS ROKOK MEREK DJARUM DAN PESAINGNYA

Authors

  • Nani Ernawati Fakultas Ekonomi
  • Sri Suharti

Abstract

Persaingan bisnis rokok di Indonesia kini makin sulit dihindarkan, selain karena jumlah produsen rokok yang terus meningkat, juga regulasi yang makin ketat. Untuk memenangkan persaingan produsen perlu mengetahui bagaimana konsumen memandang produk-produk dan progam pemasarannya. Penelitian ini ditujukan untuk memetakan persaingan bisnis rokok berdasarkan sikap konsumennya. Jumlah responden yaitu 400 orang (related sample) dan dipilih menggunakan systematic random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori kretek dan filter, rokok merek Djarum dinilai lebih positif/unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Namun pada kategori rokok mild dan menthol, tidak ditemukan perbedaan sikap. Atribut ketersediaan dinilai paling positif, dan sebaliknya yang dianggap paling tidak penting adalah daya tahan (keawetan) dan disain kemasan. Secara umum ada indikasi sikap konsumen cenderung berdampak positif terhadap minat pada rokok Djarum, namun kontribusinya relative kecil. Hanya konsumen Djarum kretek dan Filter yang minat belinya dipengaruhi oleh atribut harga, kemasan, aroma, rasa, ketersediaan dan daya tahan. Sebaliknya bagi

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2015). Marketing: An introduction (12 ed.). Edinburgh Gate: Pearson.

Ajzen, Icek (2015). Consumer attitudes and behavior: the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. Rivista di Economia Agraria, 70(2), 121-138

Chen, I. J., & Yang, C. (2007, November). Using the theory of planned behavior to understand in-service kindergarten teacher's behaviour to enroll a graduate level academic program. Journal of College Teaching & Learning, 4(11), 202-230.

Corder, G. W., & Foreman, D. I. (2009). Nonparametric statistic for non-statisticians: A step-by-step approach. New Jersey: Wiley.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, & Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: Sage Publications, Ltd.

De-Mooij, M., & Hofstede, G. (2011, September). Cross-cultural consumer behavior: A review of research findings. International Consumer Marketing, 23, 181-192.

Eriksen, M., Mackay, J., Schluger, N., Gomeshtapeh, F. I., & Drope, J. (2017.). The tobacco atlas (5 ed.). World Lung Foundation.

Giese, J. L., & Cote, J. A. (2002). Defining consumer satisfaction. Academy of Marketing Science Review, 2000(1).

Carolina, Hatam (2006). Adopting organic agricultural: An investigation using the Theory of Planned behavior. Poster Paper, International Association of Agricultural Economics Conference.

Fishbein, M., & Yzer, M. C. (2003, May). Using theory to design effective health behavior intervention. Communication Theory, 13(2), 164-183.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior: building marketing strategy. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Kardes, F. R., Conrey, M. L., & Cline, T. W. (2011). Consumer behavior. Mason, USA: South-Western Cingage Learning.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2010). Ingredient branding: Making the invisible visible. London: Springer Heidelberg Dordrecht.

Kotler, P., Amstrong, G., Sander, J., & Wong, V. (2005). Principle of marketing (4th

Published

2020-04-20