KELOMPOK ACUAN, BUDAYA, SIKAP & LOYALITAS PELANGGAN E-COMMERCE LAZADA

Authors

  • Ida Farida Oesman Fakultas Ekonomi

Abstract

Dunia bisnis yang semakin mengarah ke media elektronik, menyebabkan penggunaan toko online sebagai media transaksi pembelian barang maupun jasa menjadi semakin meningkat pesat. Jumlah pemilik toko online juga meningkat tajam sehingga persaingan tidak bisa dihindarkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pembelian produk onlineshop seperti budaya, kelompok acuan, sikap dan selanjutnya akan menghasilkan loyalitas (loyalty) pelanggan online. Hasil penelitian ini secara deskriptif menunjukkan tanggapan responden terhadap kelompok acuan, budaya, dan sikap secara keseluruhan berada pada kategori baik. Sedangkan secara uji statistik, baik secara parsial maupun simultan kelompok acuan, budaya, dan sikap berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan e-commerce Lazada.

References

Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giese, J. L., & Cote, J. A. (2000). Defining consumer satisfaction. Academy of Marketing Science Review. Retrieved from http://www.proserv.nu/ b/Docs/ Defining%20Customer%20Satisfaction.pdf

Gommans, M., Krishnan, K. S., & Scheffold, K. B. (2001). From brand loyalty to e-loyalty: A conceptual framework. Journal of Economic and Social Research, 3(1), 43–58.

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2010). Consumer behavior: Building marketing strategy. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Helm, S., & Tolsdorf, J. (2013). How does corporate reputation affect cstomer lyalty in a crporate crisis. Journal of Contingencies & Crisis Management, 21(3), 144-152. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/1468-5973.12020/abstract

Hur, J., Ko, Y. J., & Valacich, J. S. (2011). A structural model of the relationships between sport website quality, e-satisfaction, and e-loyalty. Journal of Sport Management, 25, 458-473.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Edirnbugh Gate, England: Pearson Education.

Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Research: Qualitative and quantitative approach (2nd ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Noviyanto, H. (2010). Pengaruh perilaku konsumen mobile internet terhadap keputusan pembelian paket layanan data unlimited CDM di DKI Jakarta. InComTech, 1(2).

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behavior: An European outlook (2nd ed.). England: Pearson Education Limited.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015, Juni). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-26.

Sofyan, Y., & Kurniawan, H. (2009). SPSS complete. Jakarta: Salemba Infotek.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thompson, H. (2003). Who's stealing your customers: Winning strategies for creating and sustaining customer loyalty. Pearson Education, Inc.

Tim Internet Sehat. (2016, Oktober 24). Internet Sehat. Retrieved from http://internetsehat.id/ 2016/10/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-lebih-dari-50-populasi/

Trentech. (2016, Nopember 1). Trentech. Retrieved from https://www.trentech.id/apjii-hasil-survei pengguna-internet-2016-menemukan-fakta-mencengangkan

Published

2020-04-20