Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Audited

Authors

  • Farah Latifah Nurfauziah Fakultas Ekonomi Unversitas Islam Nusantara

Abstract

Laporan keuangan sebagai sebuah informasi akan bermakna jika disampaikan tepat waktu karena akan digunakan oleh pihak yang berkepentingan guna pengambilan keputusan. Laporan keuangan merupakan proses akhir dalam proses akuntansi yang mempunyai peranan penting bagi pengukuran dan penilaian kinerja sebuah perusahaan. Perusahaan di Indonesia khususnya perusahaan yang sudah go public diharuskan untuk menyusun laporan keuangan setiap periodenya dengan tepat waktu. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan reputasi kantor akuntan public terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan audited perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2014. Sampel penelitian sebanyak 75 perusahaan dari total pengamatan 450 perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial bahwa return on equity dan deb to equity ratio, masing-masing memengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan audited. Sementara ukuran perusahaan dan reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) tidak berpengaruh. Sedangkan secara simultan, semua variabel independen tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

References

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Harahap, S. S. (2009). Analisis kritis atas laporan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasniar, F. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2007-2011. Tesis. Depok: Universitas Gunadarma.

Hilmi, U., & Ali, S. (2008). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (Studi empiris pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEJ). Simposium Nasional Akuntansi XI Ikatan Akuntan Indonesia. Pontianak: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Hjalmarssson, E., & Osterholm, P. (2007, June). Testing for cointegration using the Johansen methodology when variable are near-integrated. Working Paper. International Monetary Fund.

IV, J. C., & McHugh, A. J. (1975). The timeliness of the Australian annual report. Journal of Accounting Research, 13(22), 204-219.

Johansen, S. (1995). Likelihood-Based Inference in Cointegrated Vector Autoregressive Models (Advanced Texts in Econometrics). New York: Oxfor University Press.

Mariewaty, D., & Setyani, A. Y. (2005). Mariewaty, Dian dan Astuti Yuli Setyani. Simposium Nasional Akuntansi VII (pp. 15-16). Solo: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Petronila, T. A., & Mukhlasin. (2003, Februari). Pengaruh profitabilitas perusahaan terhadap ketepatan waktu pelaporan laporan keuangan dengan opini audit sebagai moderating variabel. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1, 17-26.

Rachmawati, S. (2008). Pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap audit delay dan timeliness. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10(1), 1-10.

Respati, N. W. (2001). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan: Studi empiris di Bursa Efek Jakarta. Jurnal MAKSI, 4, 67- 81.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-03-02

Issue

Section

Articles