EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD <p>Edu Child: Majalah Ilmiah Pendidikan </p><p><span>Diterbitkan sebagai media informasi dan komunikasi serta forum pembahasan dan pengkajian berbagai masalah dalam bidang pendidikan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka dosen di perguruan tinggi dan Guru di sekolah dituntut untuk menulis secara kreatif baik berupa tulisan ilmiah populer, hasil penelitian, hasil survey, hipotesa, analisis kepustakaan atau gagasan yang orsisil serta objektif. Jurnal online ini d</span>iterbitkan 2 kali dalam setahun mulai tahun 2018 Proses Reviewnya dengan cara Double Blind Review. p-ISSN: <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1507983217">2598-7992</a>, SK no. 0005.25987992/JI.3.1/SK.ISSN/2017.11 - 13 November 2017 (mulai edisi Vol. 2, No. 2, Maret 2018)</p><p> </p> en-US <ul><li><span>Jurnal Educhild di bawah Lisensi Internasional <a title="CC-BY" href="https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/legalcode.id" target="_blank">Creative Commons Attribution 4.0. </a> </span></li><li>Penulis setuju artikelnya dipublikasikan pada jurnal EduChild dan dipublikasi secara terbuka untuk umum </li><li>penulis memiliki hak cipta secara penuh </li></ul> jurnal.educhild.pgpaud@gmail.com (Agus Ruswandi) jurnal.educhild.pgpaud@gmail.com (Agus Ruswandi) Fri, 03 Feb 2023 07:24:47 -0600 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 IMPLEMENTASI POLA PENGASUHAN ANAK BERDASARKAN METODE QIRA’AH MUBADALAH DI PAUD TERPADU AL-MUSYAWIRIN http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2296 <p align="center">ABSTRAK</p><p> </p><p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah keragaman pola pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua di PAUD Terpadu Al-Musyawirin yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak. Karya tulis ini menyajikan bagaimana implementasi pola pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua PAUD Terpadu Al-Musyawirin sebelum dan sesudah menggunakan metode <em>qira’ah mubadalah</em>, mengetahui hambatan yang dihadapi dan solusi pengasuhan yang didapatkan. Sebelum menggunakan metode <em>qira’ah mubadalah</em>, orang tua melakukan relasi kuasa dengan pasangan sehingga anak-anak mendapatkan pola asuh yang otoriter, permisif dan orang tua yang tidak terlibat dalam pengasuhan anak karena kewajiban pengasuhan ditujukan pada seorang ibu saja. Setelah menggunakan metode <em>qira’ah mubadalah</em>, orang tua membangun relasi setara. Pekerjaan rumah dilakukan bersama sehingga menjadi teladan bagi anak-anak, kewajiban nafkah dan pengelolaan keuangan dilakukan secara fleksibel, keputusan diambil dengan bermusyawarah sehingga pola pengasuhan yang didapatkan anak menjadi demokratis serta meningkatkan keterlibatan ayah dan ibu serta anggota keluarga lainnya. Hambatan yang dihadapi oleh orang tua adalah pengeloaan emosi yang sulit diubah dalam waktu yang singkat. Solusi yang didapatkan oleh orang tua membuat keluarga menjadi semakin bahagia dan tumbuh kembang anak menjadi maksimal..</p><p> </p><p>Kata Kunci : : Implementasi, Pola Pengasuhan, Anak, Qira’ah Mubadalah</p> Nia Ramdaniati Copyright (c) 2022 Nia Ramdaniati http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2296 Fri, 03 Feb 2023 00:00:00 -0600 PROGRAM PARENTING TENTANG GIZI SEIMBANG BAGI ORANG TUA SISWA KELOMPOK B DI SPS TULIP KASOMALANG SUBANG http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2294 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program <em>parenting. </em>2) Untuk mengetahui penerapan program <em>parenting </em>Gizi Seimbang oleh orang tua kepada anak khususnya peserta didik di SPS Tulip Kasomalang Subang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi : pengelola, pendidik, orang tua peserta Kelas B yang ada di SPS Tulip Kasomalang Subang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan <em>parenting </em>dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, metode yang digunakan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sedangkan media yang digunakan dalam pelaksaan <em>parenting</em> adalah buku sumber tentang gizi. Evaluasi dilakukan setelah dilaksanakannya program <em>parenting</em>, hal yang dievaluasi meliputi keseluruhan kegiatan dan evaluasi <em>parenting</em>. Penerapan program <em>parenting </em>dilaksanakan oleh orang tua peserta didik berupa Pemberian Makanan yang bernilai gizi Seimbang, melaui Visitasi (home Vissit) Peneliti Menyaksikan si ibu Memberikan Makanan Yang Sesuai Porsi dan Gizi seimbang Sehingga Orantua dapat mencukupi kebutuhan gizi peserta didik khususnya di SPS Tulip Kasomalang Subang.</p><p align="left">Kata Kunci : <em>Parenting</em>, Gizi, Anak</p> Imun Nuryani Copyright (c) 2022 Imun Nuryani http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2294 Fri, 03 Feb 2023 00:00:00 -0600 MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SENI KRIYA http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2295 <p align="center">ABSTRAK</p><p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran, informasi dan data-data tentang aktivitas anak, peran guru dan hasil belajar anak dengan metode pembelajaran daring melalui media seni kriya di PAUD Umi Bina Mandiri Kota Subang. Penelitian ini melibatkan 1 kepala sekolah, 2 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan motode studi kasus. Hasil penelitian tentang Aktivitas anak dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran daring melalui media seni kriya dilihat dari aspek pelaksanaan dan responnya menunjukan keberhasilan guru dan orang tua dalam memfasilitasi dan mendampingi peserta didik dalam setiap pembelajaran. Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran daring melalui media seni kriya<em> </em>Dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sistem pendukung dan desain pembelajaran sudah menunjukan yang lebih baik dilihat dari guru menentukan sasaran pembelajaran, guru merancang pelaksanaan pembelajaran berdasarkan indikator-indikator tingkat pencapaian perkembangan anak, guru menyiapkan perangkat pembelajaran berdasarkan RPPM dan RPPH. Hasil belajar anak dalam mengembangkan aspek motorik halus dengan metode pembelajaran daring melalui media seni kriya dalam indikator-indikator motorik halus sudah menunjukan peningkatan perkembangan dalam aspek motorik halus anak, hal ini dilihat dari hasil observasi peserta didik yang sudah berkembang sangat baik dalam semua indikator-indikator motorik halus berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 Tahun.</p>Kata kunci: Motorik Halus, Pembelajaran Daring, Seni Kriya Eva Jayanti Irawan Copyright (c) 2022 Eva Jayanti Irawan http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/2295 Fri, 03 Feb 2023 00:00:00 -0600