UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI TK BINA MULYA LESTARI DAN PAUD PLUS NURUL IKHLAS

Authors

  • Nenden Widayanti PAUD Plus Nurul Ikhlas
  • hendi suhendraya muchtar Universitas Islam Nusantara
  • agus ruswandi Universitas Islam Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, hasil, faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam membina kompetensi profesional guru di TK Bina Mulya Lestari dan PAUD Plus Nurul Ikhlas Kota Bandung. Penelitian ini melibatkan 2 kepala sekolah dan 4 orang guru. Upaya pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara supervisi dan gugus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif naturalistik. Hasil penelitian tentang upaya pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah adalah  (1) Perencanaan dengan menyusun jadwal, materi, sarana dan prasarana, penilaian dan merevisi program pembinaan (2) Proses pembinaan dengan mengikutsertakan guru-guru mengikuti kegiatan KKG dan pelatihan IT (3) hasil pembinaan kompetensi profesional guru adalah meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun RPPM, RPPH serta mampu mengembangkan kemampuan dalam penguasaan IT (4) Faktor pendukung yaitu dari diri guru sendiri dan faktor penghambat keterbatasan waktu kepala sekolah dan sarana prasarana kurang memadai.

Author Biographies

Nenden Widayanti, PAUD Plus Nurul Ikhlas

Guru PAUD Plus Nurul Ikhlas

hendi suhendraya muchtar, Universitas Islam Nusantara

Dosen Universitas Islam Nusantara

agus ruswandi, Universitas Islam Nusantara

Dosen FKIP Universitas Islam Nusantara

References

Aan Komariah dan Cepi Triatna. (2006). Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali Imron. (1995). Pembinaan Guru Indonesia. Jakarta: PT Dunia Pustaka Raya.

Danim. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasi Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati Sukirman dkk. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Ibrahim Bafadal (2006). Peningkatan Profesionalisme guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta Utara: PT Rajagrafindo Persada.

Moh. Uzer Usman (2006). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruswandi, Agus (2018), Membelajarkan Pendidikan Islami Bagi Anak, Bandung, FKIP Uninus.

Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis Profesional Guru Berbasis Profesionalisme Guru MGMP: Model dan Implementasi untuk meningkatkan kinerja guru. Yogyakarta: Deepublish.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Training. Yogyakarta: FIP UNY.

Wahdjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Abdul Rahman. (2009). Pembinaan professional guru SMK. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Volume 6 Nomor 1 edisi Juni.

Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT. Remaja Dompukarya. Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol 2 No 1. Maret 2019 (189-194).

Syaiful Sagala. (2009). Kemampuan Profesional dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Jurnal Edu Religia: Vol 1 No 4 Oktober-Desember 2017.

Nurapriani, R., Ruswandi, A., & Ruswandi, R. (2020). Implementasi Model Belajar Berbasis Fortofolio Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 135-153.

Published

2022-08-26