PENGARUH TOILET TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKQ AL-HUDA ANTAPANI WETAN TAHUN AJARAN 2017-2018

Authors

  • Kokom Komariah Tk Al Huda Bandung
  • Agus Mulyanto Uninus Bandung
  • Reni Nurapriani Uninus Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toilet training terhadap sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan. Kemandirian adalah suatu upaya yang dilakukan dan dimaksudkan untuk melatih anak dalam memecahkan masalahnya (Yuliani, 2007). Metode penelitian Pre-Experimental, dengan rancangan One group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode praktek langsung edukasi toilet training dan variabel terikat yaitu sikap kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian yaitu siswa/i usia 4-5 tahun (kelompok A) yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan toilet training pre-test sebesar 1,8 dan nilai post-test sebesar 3,3 dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel ( 11,666 > 1,782 ). Kemudian nilai rata-rata sikap kemandirian anak pre-test sebesar 2,5 dan nilai post-test sebesar 3,5 dengan hasil uji hipotesis t_hitung > t_tabel ( 12,676 > 1,782 ) dalam taraf signifikasi 5% (N=13). Oleh karena itu keduanya dinyatakan signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan toilet training pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan pada tahun ajaran 2017-2018 terbukti berpengaruh untuk meningkatkan sikap kemandirian anak.

Author Biographies

Kokom Komariah, Tk Al Huda Bandung

Guru TK Al Huda Bandung

Agus Mulyanto, Uninus Bandung

Dosen Dpk Uninus Bandung

Reni Nurapriani, Uninus Bandung

Dosen Tetap Prodi PG PAUD FKIP Uninus

References

Adhiputra, A. N. (2013). Bimbingan dan Konseling aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hj. Komala. (2015, Oktober). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. e-journal stkipsiliwangi, 31-45. Diambil kembali dari e-journal.stkipsiliwangi.ac.id

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan (5 ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Izzaty, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo-Kelompok Gramedia.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kabang, M. S. (2014). Pengaruh Toilet Training dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Sikap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan. Jurnal Universitas Muhamadiyah Pontianak. Diambil kembali dari www.academia.edu

Mackonochie, A. (2009). Latihan Toilet. (D. D. Natalia, Penerj.) Tangerang: Karisma Publishing Group.

Meriyanti. (2016). Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak, 1(1).

Prasetyaningsih, E. P. (2010). Layanan Informasi Pribadi Sosial untuk Menigkatkan penyesuaian Diri Siswa dalam Pergaulan di Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen 2009/2010. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Surakarta.

Raharjo, S. (2014). Uji Instrumen. Diambil kembali dari SPSS Indonesia Olah Data Statistik dengan SPSS: https://www.spssindonesia.com/.

Rakhma, E. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Anak. Yogyakarta: Stiletto Book.

Septiarani, A. (2014, Mei 8). Tips dan Trik Toilet Training. Diambil kembali dari chemistry of a mother to the environment: https://andinaseptiarani.com/

Sit, M. (2015). Psikologi Pekembangan Anak Usia Dini Jilid 1. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2015). Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi melalui Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelompok A di RA Nurul Hidayah Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tahun 2015. Skripsi, Universitas Islam Nuasantara Bandung, Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Bandung.

Syamsu, Sugandhi, N., & Yusuf, L. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syari, E., Chandra, F., & Risma, D. (2015). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training pada Anak Usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Posyandu Desa Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Jom FK, 02(02). Diambil kembali dari www.academia.edu.

Triningsih. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Toilet Training Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training di PAUD Tunas Harapan Kutoarjo Purworejo. Diambil kembali dari www.academia.edu

Yola, F. Y. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dalam Toilet Training pada Anak Usia Toodler di Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tengah Kota Padang Tahun 2016. Jurnal Universitas Andalas. Diambil kembali dari http://scholar.unnad.ac.id

Hidayat, Aziz. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: salemba Medika. Diambil kembali dari www.academia.edu

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Novan. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Arr-Ruzz Media: Yogyakarta.

Al-Maghribi Cendekia. (2013). Ciri Anak Mandri dan Tahapan Perkembangan Kemandirian. http:// www.al-maghribicendekia.com

Hidayat, A.A. (2003). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika. Diambil kembali dari www.academia.edu

Yamin & Sabari. (2013). Panduan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jambi: Referensi

Downloads

Published

2019-03-20

Issue

Section

Articles