EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL TONG MALI MALIATONG DALAM MENGOPTIMALKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Erni Choeroni universitas islam nusantara
  • Fanny Rizkiyani Universitas Islam Nusantara
  • Dianti Yunia Sari universitas islam nusantara

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih belum optimalnya perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Baitussalam dan TKQ Al-Abror. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku prososial anak usia dini, upaya guru dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia dini, dan efektivitas permainan tradisional Tong Mali Maliatong dalam upaya menstimulus perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan: 1) kondisi perilaku prososial anak melalui permainan tradisional Tong Mali Maliatong mengalami perkembangan yang optimal, 2) upaya guru dalam menstimulus perilaku prososial melalui permainan Tong Mali Maliatong dengan memberikan, reward dan pujian,juga games kepada anak agar anak termotivasi dalam mengembangkan perilaku prososial, 3) faktor pendukung keberhasilan peran guru dan orang tua dalam memberikan bimbingan pada saat di rumah atau pun di sekolah, 4) Kesesuaian antara pencapaian perilaku prososial anak usia 5-6 tahun dengan standar yang berlaku setelah diberikan stimulus melalui permainan tradisional di TK Islam Baitussalam dan TKQ Al-Abror sudah berjalan baik dan optimal.

References

Anggraini N, S.(2017). Pengembangan Perilaku Prososial Melalui Aktivitas Permainan Tradisonal (studi kasus pada anak kelompok B TK Tunas Melati II Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Lampung: Universitas Lampung.

Cintya’s Zone. (2018). Permainan Tradisional Jawa Barat.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Elhafiz, S, Nauly M, Fauzia R dkk. (2018). Psikologi Sosial : Pengantar dalam Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Hapidin &Yenina, (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10 Edisi 2. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01

Hurlock, Elizabeth. (1995). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Jackman, H. (2001). Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. Second Edition. USA: Delmar Thomson Learning

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Grup. Jakarta.

Moleong, L. J.(2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.

Musthafa, B. (2013). Literasi Dini dan Literasi Remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Bandung: Center for Research on Education and Socio-cultural Transformation (CREST).

Papalia, D.E. 2009. Human Development, edisi 10.Jakarta: Salemba Humanika.

Ruswandi, A, (2018), Membelajarkan Pendidikan Islami Bagi Anak, Bandung, FKIP Uninus.

Serly. (2014). Studi Tentang Perilaku Prososial dan Penanganan Konselor terhadap Perilaku Unsosial Pada Anak Usia Dini di TK Islam Surabaya. Jurnal BK Unesa.[Online]. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.i d/index.php/jurnal- bkunesa/article/view/4452. [diakses 12 Juli 2017].

Ulya, H. (2010). Pengaruh Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Prasekolah di TK ABA Pringwulung Desok Sleman. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Utomo & Ismail.( 2019). Permainan Tradisional Media Stimulus & Intervensi AUDBK (Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus). Pustaka Banua. Bandung

Downloads

Published

2021-12-26