PERSPEKTIF GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Authors

  • Shinta Mutiara Universitas Islam Nusantara

Abstract

Matematika saat ini menjadi salah satu hal kontroversi di dunia pendidikan anak usia dini karena ada pendapat yang mengatakan bahwa anak usia dini tidak diperbolehkan untuk diajarkan sebab hal tersebut merupakan pemaksaan dan anak belum siap menerima calistung. Praktek di PAUD di kelurahan Cibeunying, pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini mayoritas menggunakan paper-pencil methods dengan pendekatan teacher centered serta latihan terus menerus (drill). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan sumber data berjumlah 26 guru pendidikan anak usia dini serta berupa dokumentasi berupa RPPH dan portofolio. Mayoritas persepsi guru mengenai pembelajaran matematika yaitu matematika adalah pelajaran yang sulit, matematika adalah angka dan hitungan, matematika adalah hafalan, kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran matematika dan kurangnya variasi metode/media dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Mayoritas guru mengungkapkan keinginan dan kebutuhannya atas peningkatan wawasan dan keterampilan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk matematika dengan tujuan optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini.

References

Brenneman, Kimberly, et al. (2009). Math and Science in Preschool: Policies and Practice. National Institute for Early Education Research

Charon, Joel M. Symbolic Interactionism: An Intoduction, An Interpretatio, An Integration. Englewood Cliffs: PrenticeHall. Inc.1979.

Duncan, G.J., et al. (2007). School Readiness and Later Achievement. Developmental Psychology, 43(6), 1428–1446

Gallenstein. (2005). Engaging Young Children in Science and Mathematics .Journal of Elementary Science Education, Vol. 17, No. 2 (Fall 2005), pp. 27-41. Department of Curriculum and Instruction, College of Education and Human Services, Western Illinois University.

Mutiara, Shinta. (2017). Pembelajaran Gerak dan Lagu Dalam Meningkatkan Kompetensi Early Math Anak Usia Dini. Utile : Jurnal kependidikan III (I). pp. 60-69. ISSN 2460-2086

Nurani, Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks NAEYC, NCTM. (2010). Early Childhood Mathematics : Promoting Good Beginnings.

NCTM. (1975). Mathematic Learning in Early Childhood. Virginia : NCTM, Inc

Ojose, Bobby. (2008). Applying Piaget’s Theory of Cognitive Development to Mathematics Instruction. The Mathematics Educator, Vol. 18, No. 1, 26–30.

Piaget, Jean & Inhelder, Barbel. (1969a). The Psychology of The Child. New York : Basic Books.

Rakhmat, Djalaludin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sriningsih, Nining. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas

Downloads

Published

2021-12-26