PENGARUH METODE BERMAIN TABUNG BERPUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN AUD (ANAK USIA DINI) PADA SISWA KELOMPOK A TK INSAN KAMIL KECAMATAN CILENGKRANG KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

Entin Kartini, Agus Mulyanto

Abstract


Kemampuan matematika permulaan merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Pembelajaran matematika untuk anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan sejak dini agar anak dapat belajar dan berfikir secara logis dan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode bermain tabung berputar terhadap kemampuan matematika permulaan AUD pada siswa kelompok A TK Insan Kamil Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung tahun ajaran 2018-2019. Metode bermain merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini, dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode bermain tabung berputar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan design One group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel terikat yaitu kemampuan matematika permulaan AUD dan variabel bebas yaitu penggunaan metode bermain tabung berputar. Populasi penelitian yaitu siswa kelompok A TK Insan Kamil. Jumlah seluruhnya 25 siswa 10 siswa laki-laki 15 siswa perempuan. Pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode bermain tabung berputar berpengaruh terhadap kemampuan matematika permulaan AUD. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa N = 25 dengan mengunakan taraf signifikasi 5% = 1,8892296 setelah dicari perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test menggunakan analisis statistik yaitu uji-t diperoleh hasil pre-test dan post-test kemampuan matematika permulaan AUD (1,8892296 > 1,71088 ). Selain itu, juga dapat dilihat dari rata-rata post-test kemampuan matematika permulaan didapat hasil prosentase sebesarĀ  anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) meningkat dari 12% menjadi 22% dan kemampuan anak yang berkembang sangat baik mengalami peningkatan dari 34% menjadi 53%. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain tabung beputar berpengaruh terhadap kemampuan matematika permulaan AUD pada siswa kelompok A TK Insan Kamil tahun ajaran 2018-2019.


Full Text:

Untitled

References


Abidin Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran literasi. Jakarta : Bumi Aksara

Arsyad. 2013. Media pembelajaran. Jakarta : Rafa Garfindo Persada

Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Fathani Abdul Halim. 2014 . Matematika Hakikat &logika . Jogjakarta :Ar-Ruzz Media.

Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogyakarta : Diva Press

Montolalu,dkk.2009. Bermain Dan Permainan Anak. Universitas Terbuka : Jakarta

Muttaqien. 2017. Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. 8:30

Novikasari. 2016. Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Anak. 2:1

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramaini. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di Tk Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal PAUD.1(1):5

Sriningsih, N. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini: Bandung

Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Jakarta

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi ( mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujiono, dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitiif. Universitas Terbuka : Jakarta

Suparman, dkk. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak & Pendidikan Luar Biasa. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan

Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Entin Kartini, Agus Mulyanto