BIMBINGAN MELALUI PEMBELAJARAN OUTING CLASS UNTUK MELATIH GERAK MOTORIK DAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI

Evi Octrianty

Abstract


Kegiatan pembelajaran outing class pada anak usia dini sangat berpengaruh pada perkembangannya, sebab proses pembelajaran pada anak usia dini bersifat learning by doing (belajar sambil bermain). Prinsip bimbingan yang merupakan bagian dari proses pendidikan dan menyatu dalam kegiatan pembelajaran menjadi satu hal yang tak terpisahkan, sehingga kegiatan pembelajaran outing class akan berkaitan erat dalam pelaksanaan bimbingan pada anak usia dini, yaitu bimbingan untuk melatih gerak motorik dan mengasah kecerdasan naturalis anak usia dini.

Pembelajaran outing class banyak ragamnya dan sebagian besar sudah dapat diterapkan oleh guru pembimbing pada beberapa sekolah di tingkat PAUD/TK. Manfaat kegiatan outing class sangat berpengaruh besar terhadap peserta didik, guru, maupun proses pendidikan, karena outing class merupakan solusi dari sebuah kegiatan pembelajaran sehingga anak tidak perlu merasa jenuh dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan kegiatan outing class, guru pembimbing dapat mengamati bahkan melihat sejauhmana perubahan yang dialami dan dirasakan anak dalam aspek perkembangannya, yaitu perkembangan motorik dan kecerdasan naturalis. Anak akan memiliki kemampuan motorik manakala melakukan berbagai macam kegiatan outing class, anak pun akan memiliki daya potensi kecerdasan naturalis manakala mereka mengalami secara langsung proses pembelajaran tersebut.


Full Text:

Untitled

References


Amstrong, Thomas. (2003). Sekolah Para Juara (Menerapkan Multiple Intellegence di Dunia Pendidikan). Penerjemah: Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gardner, Howard. (1993). Multiple Intellegence the Theory in Practice. New York: Harper Collins

Puskur, Balitbang, Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta.

Q.N, Nurlaila. (2015). Revolusi Paud: Penerapan Pembelajaran Berbasis Konsep Mind Map. CEFICS.

Syaodih, Ernawulan & Agustin, Mubiar. (2008). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yelon & Weinstein. (1977). A Teacher’s World: Psychology in The Classroom. Tokyo:McGraw-Hill Kogakusha Ltd.

Yusuf, Syamsu & Nurihsan, Juntika. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Evi Octrianty