ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI HURUF WAWU DALAM SURAT YAASIIN DAN AR RAHMAN SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN NAHWU

Asep Fathurrohman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman dan pengamatan peneliti, bahwa masih banyak mahasiswa yang belum memahami jenis dan fungsi huruf wawu dengan baik. Selain itu fenomena di masyarakat muslim berbeda pemahaman dalam menentukan jenis huruf wawu. Sehingga penelitian terhadap huruf wawu sangan penting untuk menghindari kesalahan dalam memahami al-quran dan teks arab lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan fungsi huruf wawu yang ada dalam surat Yảsỉn dan Ar rahman. Sehingga diperoleh karakteristik masing-masing dari jenis huruf wawu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yakni suatu penelitian yang lebih menekankan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif (tidak berbentuk data) dan menggunakan analisis kualitatif dalam pemaparan data, analisis data dan pengambilan kesimpulan. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik atau analisa deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada masa sekarang. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menganalisa objek penelitian untuk digambarkan sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini huruf wawu sebagai huruf ma’ani dalam surat Yảsỉn ditemukan sebanyak 146 huruf wawu ma’ani, dengan rincian wawu jama’ah 64, wawu ‘athaf 32, wawu isti’naf 28, wawu hal 20, wawu qasam 1 dan wawu ma’iyah 1. Sedangkan dalam surat Ar rahmản ditemukan sebanyak 42 huruf wawu ma’ani dengan rincian wawu ‘athaf 26, wawu jama’ah 8, wawu isti’naf 4, wawu ma’iyah 3 dan wawu hal 1

Full Text:

PDF

References


Al Bayjuri, Ibrahiim. Syarhu ‘Umrithi. Al Ghulayaini, Musthafa (1980).

Jaami’ud Duruus Al-‘Arabiyah juz 3. Beirut Al Quran Tajwid dan Terjemahannya (2010). Bandung: PT.Sygma Examedia

Arkan Leema Al‟Ula, Sholahuddin. Al Fushul Al Mufiidah Fii Al Wawu Al Maziidah Anwar, Moch.,K.H. (1995).

Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al Ajrumiyah dan ‘Imrithy.Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo

Bisri, Adib., K.H. dan K.H.Munawwir A. Fattah (1999). Kamus Indonesia-Arab, ArabIndonesia Al-Bisri.Surabaya: Pustaka Progresif

Damayanti, Debi (2013). Panduan Lengkap Menyusun Proposal Skripsi Tesis Disertasi. Yogyakarta: Penerbit Araska Hamzah, B.Uno (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Izzan,Ahmad.,Dr.,H.,M.Ag. (2011). MetodologiPembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora Jaami’atul Imam Muhammad Ibn Su’ud Al-Islamiyah. 1994.

An Nahwu.Silsilatu Ta’liimul Lughatil ‘Arabiyah Mustawa tsaalits. Riyadh Munjid Fii Al Lughah Wa Al A‟laam (2008). Darl el Machreq sarl : Beirut

_____________________ (2011). Dasar-dasar Ilmu Nahwu. Bandung:Humaniora

Nata, Abuddin,Prof.,Dr.,M.A. (2008). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Pangaribuan, Tigor (1997). Kamus Populer Lengkap. Bandung.

Sugiyono,Prof.,Dr. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta _______________ (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.Alfabeta Universitas Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Wahyudi (2003) Skema Tata Bahasa Arab 1. Cirebon


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BASIS

Jurnal Pendidikan BASIS Bahasa Arab dan Studi Keislaman

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

Jl. Soekarno Hatta No 530 Kota Bandung, Jawa Barat 40286

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.