PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN KEBERHASILAN MENGAJAR DOSEN

Authors

  • Asep Suryana Universitas Islam Nusantara
  • Koko Lukman Universitas Islam Nusantara
  • Amir Supriatna Universitas Islam Nusantara

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai “Penerapan Metode Diskusi dengan Keberhasilan Mengajar Dosen” sebuah studi deskriptif analitik pada mata kuliah akhlak tasawuf di prodi pendidikan bahasa arab, lebih tepatnya lingkungan pendidikan tempat penulis mengenyam konsentrasi bidang ilmu pendidikan bahasa arab sekaligus objek kajian penelitian penulis pada tugas akhir skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi penerapan berbagai metode pembelajaran yang salah satunya metode diskusi dan metode tersebut juga memiliki beragam macam yang sama senada dengan diskusi akan tetapi memiliki perbedaan yang signifikan mulai dari whole group, diskusi kelompok, buzz group, panel dan sebagainya, serta mendeskripsikan keterampilan mengajar dosen dalam menyampaikan.Pengambilan data dilakukan pada tanggal 15 juni 2012 di prodi pendidikan bahasa arab semester IV Uninus serta sampel responden yang sudah mengambil mata kuliah ini. Penelitian ini mengambil 20 item pernyataan persoalan yang semuanya dirangkum menjadi 4 persoalan sesuai dengan batasan masalah dan tertuang dalam pertanyaan penelitian diantaranya mengenai tujuan metode pembelajaran diskusi kemudian kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran diskusi dan yang terakhir mengenai keberhasilan mengajar dosen. Data mentah  dari responden ini dikoreksi dengan data prosentase perhitungan. Data tersebut kemudian dikoreksi kontinuasi ke jawaban yang senanda lalu diinterpretasikan. Hasil deskriptif analitik pada penelitian ini menunjukkan adanya ketepatan dalam mengimplikasikan metode diskusi pada mata kuliah akhlak tasawuf secara garis besar dan belum tentu dengan mata kuliah lainnya sesuai dengan metode diskusi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan besarnya tanggapan mahasiswa pada penerapan metode diskusi jika diambil kesimpulan sesuai dengan judul skripsi maka penerapan metode diskusi pada mata kuliah akhlak tasawuf sudah tepat tapi pada pelaksanaannya masih harus dibenahi

References

Ahmad Mustofa Al-Maroghi. Tafsir Al-Maroghi, (terjemah), ( Semarang : Toha Putra, 1987),

Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2002, Cet. Ke-12.

Daradjat, Zakiah, Prof. Dr., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995, Cet. Ke-1.

Depag RI.(2004) Al-qur’an dan Terjemah.Bandung PT.Syamil Cipta Media

Depdikbud.(1997).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta.Balai Pustaka

FKIP UNINUS, (2010).Pedoman dan Panduan akademik 2010.Bandung: FKIP UNINUS Press

Komponenkurikulum.sumber: http://www.asrori.com/2011/04/pengertiankurikulum.html http://www.asrori.com/2011/04/ komponen-kurikulum.html(diakses pada 13 mei 2012)

Munawir, Warson, Ahmad, Kamus Al-Munawir, Kamus Bahasa Arab Indonesia,

Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Musthofa, Ahmad, Akhlak Tashawuf, Bandung: Pustaka Setia, 1999, Cet. Ke-1.

N.K., Roetiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Pengertianmetode.Sumberhttp://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-metode pembelaaran-dan.html (diakses pada selasa,23 mei 2012 pkl.05.51 wib)

Perbandingansumberhttp://idb4.wikispaces.com/file/view/dv4013Perbandingan+Penggunaan+Metode+Ceramah+Dan+Diskusi.pdf , (diakses pada 25 April 2012,rabu)

Pengertiankurikulum.sumber: http://www.asrori.com/2011/04/pengertiankurikulum.html http://www.asrori.com/2011/04/ komponen-kurikulum.html(diakses pada 13 mei 2012)

Sudjana, Nana. (2005). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah.Bandung.Sinar Bari Algesindo.

Penyusun, Tim, Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002, Cet. Ke-3.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah, Bandung: Sinar Baru, 1989, Cet. Ke-1.

Sudjana,N (1996).Metode Statistika.Bandung: Tarsito

Tabrani Rusyan, Drs. 1992. Strategi Penerapan Kurikulum Di Sekolah. CV. Bina Mulia : Jakarta

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

ARTIKEL