TINJAUAN ILMU MA’ANI TERHADAP SURAT AL-MUTHAFFIFIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Dede Mulyanah Universitas Islam Nusantara
  • Farhan Farhan Universitas Islam Nusantara

Abstract

Para ahli tafsir sepakat bahwa surat Al-Muthaffifin terdiri dari empat bagian, antara lain: janji dan ancaman perang bagi yang curang dalam timbangan; di hari akhir akan adanya hari pembalasan dan perhitungan dan pahala; kata “al-fujjar” ialah tempat yang buruk, serta akan mendapatkan tempat yang buruk pula di akhirat, yaitu neraka jahim; kata “abrar” ialah tempat yang baik, yang akan mendapatkan nikmat yang berlimpah, serta abadi di dalamnya; dan kedudukan orang kafir atas orang mukmin di hari akhir akan berubah, orang mukmin akan mentertawakan orang kafir karena perbuatannya. Adapun unsur-unsur ma’ani yang terdapat dalam surat Al-Muthaffifin adalah sebagai berikut: insya; khabari; al-fashal; al-washal; al-musawah; ijaz; dan Itnab. Unsur pendidikan yang terdapat dalam surat Al-Muthaffifin ialah mengenai metode pendidikan yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dalam membentuk anak didik yang cerdas, serta mampu menjadi manusia yang dapat melaksanakan aktivitasnya sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’anAdapun metode pendidikan yang terdapat dalam surat ini antara lain: Metode Targib dan Tarhib; metode Hiwar; dan metode Mauidzhah (keteladanan).Pendidikan Islam yang terdapat pada surat Al-Muthaffifin yaitu pendidikan akidah yang terdapat pada ayat: (4), (5), (9), (11), (16), (20),(22), pendidikan syari’ah yang terdapat pada ayat (1) dan pendidikan akhlak yang terdapat pada ayat: (1), (3), (10), (11), (12), (13),(26),(29).

References

Abd. Fattah Lasyin, 2003. Al-Ma’ani Fi Dau’ Asalib al-Qur’an al-Karim, Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi

Abdul Jalal, 2000, Ulumul Qur’an, (Surabaya: Dunia Ilmu, cet. Ke-II

Ali al-Jarim & Musthafa Amin, tt, Al-Balaghah al-Wadhihah, Kairo: Dar al-Ma’arif.

Amir Faishol Fath: http://www.dakwatuna.com/2007/07/201/al-muthaffifin-orang-orang-yang-curang-dalam-timbangan/#ixzz1oVPdRk6G. di unduh tanggal 7 maret, 2012.

Arifin, H.M. 2008. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

A. Wahab Muhsin dan Drs. T. Fuad Wahab,1986. Pokok-Pokok Ilmu Balaghah. Bandung: Angkasa.

Manna Khalill al-Khattan, 2009. Studi Ilmu Al-Quran. Bogor. Litera antarnusa.

Miftah Faridl . tt. Pokok-pokok Ajaran Islam, Pustaka Bandung.

Moleong, Lexi J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahbah al-Zuhaili, 1997. Ushul al-Fiqh al-Islamy, jilid I Beirut: Dar al-Fikr

Zuhairini, 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

ARTIKEL