EFEKTIVITAS METODE TALAQI PADA ANAK USIA DINI DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN

Authors

  • Koko Lukman Universitas Islam Nusantara
  • Astri Mulyati Universitas Islam Nusantara

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz terhadap anak usia dini sering didapatkan kendala-kendala ataupun masalah-masalah dalam diri siswa yang dapat menghambat berlangsungnya pembelajaran, seperti cara pengucapan lafadz yang salah, penggunaan kaidah-kaidah tajwid yang belum benar, belum bisa mengucapkan makhorijul huruf secara benar, dan pengulangan lafadz. Agar pembelajaran menghafal Al Qur’an bisa diajarkan dan diterima dengan baik oleh siswa, maka guru memerlukan metode yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran menghafal Al Qur’an bagi anak-anak Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan oleh guru dalam proses menghafal Al Qur’an, salah satu metode yang diterapkan dalam pembelajaran menghafal Al Qur’an adalah dengan metode talaqqi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan metode talaqi pada anak usia dini dalam menghafal Al Qur’an di TPQ Miftahul Jannah Bandung, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode talaqi,  3) untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan menghafal Al Qur’an siswa di TPQ tersebut, 4) untuk mengetahui  efektivitas metode talaqqi pada anak usia dini dalam menghafa Al Qur’an di TPQ Miftahul Jannah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode mixed mettod. Sebuah metode yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Sumber data didapat dari sumber data primer dan sekunder. Hasil dari  penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode talaqi pada anak usia dini dalam menghafal Al Qur’an di TPQ Miftahul Jannah Bandung terdapat tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) faktor pendukung dari penerapan metode talaqi pada anak usia dini ialah: Bersemangat tinggi,  Mendapat motivasi dan dukungan dari orang tua, Sering muroja’ah hafalan dan. Intelegensi tinggi. Adapun faktor penghambatnya adalah Malas dan jarang sekolah, Tidak ada motivasi dan dukungan dari orang tua, Jarang muroja’ah hafalan.3) Berdasarkan hasil angket  sebagian besar siswa yaitu sebanyak 85% memiliki minat dan semangat terhadap pelajaran menghafal Al Qur’an dan sebanyak 70% siswa berhasil menghafal surat-surat yang telah diajarkan oleh guru dalam waktu yang telah ditentukan. 4) Sedangkan hasil penelitian dari tes hafalan siswa dengan menggunakan t test one sample menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 56,80 > t tabel 1,729, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas metode talaqqi  pada anak usia dini dalam menghafal Al Qur’an di TPQ Miftahul Jannah Bandung.

References

Al Kahlil, Abdud Daim. (2010). Hafal Al Quran Tanpa Nyantri. Solo: Pustaka Arafah

Ali, Muhammad. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Asy-Syinqithi, Muhammad Habibillah Muhammad. (2011). Kiat Mudah Menghafal Al Quran. Solo: Gazamedia

Badwilan, Ahmad Salim. (2009). Panduan Cepat menghafal al Quran. Yogyakarta: Diva Press

Chairani, Lisya dan Subandi. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al Quran: Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ghautsani, Yahya. (2014). Metode Cepat Hafal Al Qur’an. Solo: As Salam.

Majid, abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masul, Romdoni. (2014). Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Al Quran. Yogyakarta: Lafal Indonesia

Qasim, Amjad. (2013). Sebulan Hafal Al Quran. Solo: Zamzam

Qawi, Abdul. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al Quran Melalui Metode Talaqqi di MtsN Gempong Teungoh Aceh Utara: Islam Futura.

Rabi Nawabudin, Abdur. (1991). Teknik Menghafal Al Qur’an. Bandung: Sinar Baru.

Rauf, Abdul Aziz Abdur. (2015). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Al Quran Da’iyah. Jakarta: Markaz Al Quran

Riyadh, Sa’ad. (2008). Ingin Anak Anda Cinta Al Quran? Solo: Aqwam.

Sa’dulloh. (2008). Cara Praktis Menghafal Al Quran. Depok: Gema Insani

Sudijono, anas. (1996). Pengantar statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sudiyono (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sujud, Aswarni. (1989). Matra Fungsional Pendidikan. Yogyakarta: Purbasari.

Sumanto. (1995). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Aplikasi Kuantitatif dan Statistika Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Supandi. (2014). Ulumul Qur’an. Sukoharjo: Efude Press

Ubaid, Majdi. (2014). 9 Langkah Mudah menghafal Al Quran. Solo: Aqwam

Uhbiyati, Nur. (2005). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Yayan, Masagus Fauzan. (2015). Quantum Tahfidz (Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al Quran). Jakarta: Emir

Widyasari, Rizqi. (2018). Pembelajaran Tahfizul Qur’an Dengan Metode Talaqqi Pada Santri Kelas I’dadi di Kuttab Tahfizul qur’an Al Husnayain Surakarta Tahun ajaran 2018/2019. IAIN Surakarta.

Downloads

Published

2022-07-08

Issue

Section

ARTIKEL