MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • Fahrurroji Fahrurroji Universitas Islam Nusantara

Abstract

Berbagai pandangan dalam memahami konteks kehidupan manusia telah banyak mendapat perhatian para ahli. Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan manusia memang terus bergerak dan berubah menuju suatu system yang diharapkan dapat memberikan membawa kepada manusia pada suatu tatanan kehidupan yang diharapkan. Multikulturalisme merupakan suatu kkeniscayaan yang muncul dan mewarnai kehidupan manusia yang secara kodrati memang diciptakan tidak saama. Kehadiran multikulturalisme yang membawa kepada kehidupan yang harmoni itulah yang diinginkan oleh kehidupan manusia itu sendiri yang pada akhirnya akan membawa kepada manusia unttuk dapat hidup damai berdampingan dengan berbagai macam kultur yang melingkupinya tanpa terjadi gesikan yang pada akhirnya akan menimbulkan ketegangan-ketegangan dan disharmoni.

References

Arifin, Muzayyin, 2010Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara, Cetakan Kelima

http://apryaniritna.blogspot.com/2013/01/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html.wikipedia

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/multikulturalisme-agama-di-indonesia/

https://www.academia.edu/7128863/Makalah_Agama_Islam_dan_Multikultural

http://catataninfi.blogspot.co.id/2012/03/pendidikan-islam-dan-multikulturalisme.html

Santri Pondok Pesantren Ngalah. 2013. Ensiklopedia Fiqih JAWABUL MASAIL Bermadzhab Empat Menjawab Masalah Lokal, Nasional dan Internasional. Pasuruan. Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan

Tim Dosen PAI universitas Brawijaya. 2007. Pendidikan agama islam di Universitas Brawijaya. Malang. Percetakan Citra Mentari.

Tim Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 2000. Pendidikan Agama Islam untuk SMU kelas II. Jakarta. Penerbit Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Downloads

Published

2022-07-07

Issue

Section

ARTIKEL