PELATIHAN PEMBUATAN METAVERSE LEVEL PEMULA UNTUK PELAJAR DAN MAHASISWA SE-JAWA BARAT TAHUN 2023 BERBASIS OPEN SOURCE

Authors

  • Irvan Satrya Prana,S.ST.,M.Ds Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Galih,S.T.,M.Kom Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Suryadi,S.Pd.,M.Sn Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Andi Suryadi,S.Pd.,M.Sn Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract

Kegiatan pelatihan metaverse ini hasil kolaborasi antara institusi perguruan tinggi Universitas Pendidikan Indonesia dan industri kreatif yaitu Nusaedu yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan siap guna dalam pemanfaatan teknologi metaverse berbasis open source. Adapun peserta berasal dari pelajar dan mahasiswa di Jawa Barat dalam mengikuti pelatihan selama 14 hari untuk mempelajari beberapa konsep dasar dan menghasilkan produk akhir yang dikerjakan secara berkelompok sebagai upaya persiapan untuk penerapan metode pembelajaran berbasis metaverse ke depannya. Metode pembelajaran yang diterapkan langsung praktek, presentasi, tanya jawab dan diskusi antar peserta dan instruktur. Sebagai bahan evaluasi maka dilakukan pemahaman awal dan akhir serta survey kepuasan pengguna menggunakan instrumen kuesioner dengan metode skala likert yang menghasilkan nilai yang baik dan beberapa catatan untuk bahan saran perbaikan

Downloads

Published

2024-02-28 — Updated on 2023-11-07

Versions

How to Cite

Irvan Satrya Prana,S.ST.,M.Ds, I. S. P., Galih,S.T.,M.Kom, G., Suryadi,S.Pd.,M.Sn, S., & Andi Suryadi,S.Pd.,M.Sn, A. S. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN METAVERSE LEVEL PEMULA UNTUK PELAJAR DAN MAHASISWA SE-JAWA BARAT TAHUN 2023 BERBASIS OPEN SOURCE. ABDITEK NUSANTARA, 5(2), 15–28. Retrieved from http://ojs.uninus.ac.id/index.php/Abditek/article/view/3007 (Original work published February 28, 2024)

Citation Check